Rabu, 07 Maret 2012

Android dan Perkembangannya


Mengenal Android
Bagi sebagian orang kata ini sangat asing sehingga banyak orang yang beranggapan handphone merk apakah ini ? Tetapi bagi Anda sebagai programmer dan netter yang aktif di dunia maya pasti hal ini tidak asing lagi.



Android adalah robot yang dibuat menyerupai manusia, baik secara tampilan maupun tingkah laku. Kata ini berasal daribahasa Yunani "andr-" yang berarti "laki-laki", dan akhiran "-eides", yang berarti "dari spesies; menyerupai" (dari "eidos": spesies). Kalau kita tahu akan film Star Trx, film menceritakan tentang manusia ruang angkasa, maka robot Android itu muncul dalam film ini.


Pada awalnya sebagian orang beranggapan bahwa Google mengeluarkan Google phone yang sekarang kita kenal dengan Android. Mmelihat pasar mobile yang begitu cepat maka Google melihat suatu peluang bisnis yang besar dan Google sangat berambisi untuk ikut di dalam persaingan teknologi mobile phone ini.



Android itu sendiri adalah open source yang dikembangkan oleh Google. Yang berambisi menyaingi microsoft dengan Windows. Google begitu gencarnya meluncurkan open source dengan membuat komunitas, memberikan edukasi yang sangat menarik bagi netter untuk mengenal lebih dalam dari open source ini. Open source ini di umumkan pada 5 november 2007, ketika diluncurkan banyak mengundang detak kagum dan perhatian begitu banyak orang.



Selama ini kita mendengar open source seperti linux, symbian, windows mobile, dan sebagainya. Dengan munculnya android yang dapat dijalankan pada ponsel anda, membuat semua produsen ponsel berlomba mengunakan open source ini.



Hal yang menarik bahwa open source ini diberikan secara gratis, ini membuat semua produsen handphone dunia mengembangkan ponsel dengan open source android. Dengan open source gratis secara otomatis mengurangi biaya produksi dari ponsel tersebut dan membuat persaingan ponsel itu menjadi ketat.



Perkembangan Android di Indonesia
Pasar Android di Indonesia akan berkembang seiring dari banyaknya operator selular dan Produsen smartphone gencar menyuarakan Open source Android. Pangsa Pasar smartphoneIndonesia yang besar memungkinkan smartphone yang murah dan mempunyai feature yang lengkap sesuai dengan karateristik dari masyarakat
Indonesia

Saat ini kita bahas salah satu operator yang gencar menyuarakan android yaitu Indosat. Pada bulan Maret lalu Indosat melakukan road show di 7 kota yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Jogyakarta, Malang, Surabaya, dan Makassar. Indosat memperkenalkan Teknologi smartphone yang mempermudah komunikasi, tampilan yang menarik, serta aplikasi yang mudah dioperasikan. Dalam Road Show ini Indosat juga melakukan seminar dan edukasi kepada pengunjung. Dalam seminar ini, pengunjung bisa lebih mengetahui apa itu Android, sejarah, kelebihan serta platform dan variasi aplikasi yang dimiliki. Apa yang dilakukan Indosat akan diikuti oleh operator selular lain yang melihat potensi dan peluang bisnis dari Open Source Android ini.

Disamping operator selular yang gencar, banyaknya komunitas programmer yang menyuarakan Android membuat perkembangan Andorid di sini menjadi cepat. Seperti komunitas Android-Indonesia 

Kita sebagai orang awam dapat mengetahui lebih banyak tentang perkembangan Android di Indonesia melalui web ini.


Persaingan di open source ini sangat terbuka. Android datang untuk menjadi pesaing dari iphone dan BlackBerry untuk pangsa smartphone. Kedua open source itu sudah mendominasi pasar dunia, dengan kehadiran Android dimastikan mereka sudah mulai terancam dominasinya. Produsen smartphone yang sudah memasukan open source Android antara lain : HTC, Sharp, Motorola, Toshiba, Samsung, Sony Erricson dll.



Jadi bersiaplah untuk menerima serbuan aplikasi yang berbasisopen source Android.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar